Saturday, January 4, 2014

Humanizing Human

Post pertama di tahun 2014

Gue gabisa mengelak kalo di 2013 gue mengulangi kesalahan yang tidak seharusnya gue lakukan (lagi). Karena gue sudah tau akibatnya, konsekuensinya. Ketika semua itu berbalik menyerang gue, rasanya sakit sekali sampai semua indera perasa yang gue miliki seakan tidak berfungsi lagi.
Tetapi di minggu-minggu selanjutnya gue menyadari sesuatu, gue masih hidup!
Gue masih kena marah sama client, gue masih lembur, gue masih datang setiap hari ke kantor untuk meladeni itu semua; dan ternyata ini yang tidak pernah berubah: kantor dan pekerjaan adalah tempat untuk lari yang paling menyenangkan.
Hal menarik terlintas di otak gue. Kesalahan sama yang gue perbuat untuk kedua kalinya ini yang ternyata menjadi titik balik gue.
Dan ya, setelah dua tahun mengalami naik turun dalam masalah hati, gue akhirnya sadar apa artinya ikhlas.
Sedetik setelah gue menyadari itu, hidup rasanya menjadi lebih ringan. Tertawa rasanya menjadi lebih mudah, gue mulai bisa merasakan kembali semua organ tubuh gue bekerja dengan baik. Termasuk hati.

Di tahun 2013 gue mendapatkan pelajaran yang sebenarnya masih sama dengan apa yang gue dapatkan di tahun sebelumnya: acceptance. Biarpun dengan cara yang berbeda.

2013 gue juga masih dipenuhi dengan rentetan traveling. Dan yang paling membuat gue bersyukur dari semua lokasi yang gue datangi di tahun 2013 adalah, semua itu berhasil membuat gue tetap memijakan kaki di bumi :)

Drama juga ga lepas dari 2013 gue. Dengan semua drama yang terjadi, sometimes, I feel like I'm this close to give up.
Tetapi ada aja cara dan kejadian yang ditunjukan ke gue untuk tetap bertahan dan berkarya. Untuk menjadi orang dan team member yang lebih baik. Untuk mengerti manusia lebih baik. Untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Gue ngga pernah suka sama yang namanya membuat resolusi di tahun baru. Karena gue tau akan sangat susah buat gue untuk menepati semua itu. Jadi yang gue lakukan adalah sesimpel membuat wish list. Ya, yang modalnya cuma doa :p
Ada beberapa point yang gue buat untuk tahun 2013 kemarin - yang penting dan yang ngga penting. Dan yang mengejutkan adalah, semua point penting yang gue harapkan bisa diberikan sama Tuhan benar-benar terkabul!

Gue ngga pernah tau - biarpun selalu meminta, kapan hati gue akan merasa hangat lagi. Dan terkadang, sesuatu yang kita harapkan untuk terjadi, bisa saja terjadi di saat yang tidak diduga-duga, di tempat yang tidak pernah sama sekali kita duga, dan dengan orang yang sama sekali diluar dugaan kita.
Ketika gue bisa melihat seseorang tersenyum, berbicara, menyanyi dan menari tiada henti karena gue, itu adalah pemandangan yang paling indah untuk dinikmati.
Ketika gue bisa membuat seorang manusia bisa lebih menjadi manusia, kupu-kupu yang ada di dalam perut gue mulai berterbangan lagi setelah mereka tertidur cukup lama.
Ketika seseorang mengeluarkan usaha ekstra untuk membuat hati gue tersenyum, rasanya ratusan ciuman dan pelukan untuk mengucapkan terimakasih juga ngga akan cukup. Gue hanya ingin  melakukannya lagi, lagi dan lagi sekedar untuk menunjukan betapa berterimakasihnya gue saat itu.

Di 2013 kemarin, banyak sekali rasa yang bisa gue rasakan kembali. Yang baik maupun yang buruk. Dan seperti sebelum-sebelumnya, gue merasa diberkati karena bisa merasakan semua itu lagi.

Hati gue sangat hangat di awal tahun 2014 ini. Karena gue bisa lebih memanusiakan manusia :)

PS: This year must be more exciting than ever. Good luck!

No comments: